Senin, 25 Oktober 2010

PENTINGNYA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENGENDALIKAN DISTRIBUSI BARANG

PENTINGNYA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENGENDALIKAN DISTRIBUSI BARANG PADA PT. MOSHI-MOSHI TRANS TOUR AND TRAVEL SURABAYA

I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Informasi sangat penting artinya bagi setiap perusahaan dalam mengarahkan dan memperlancar kegiatan sehari-hari karena dapat membantu pengambilan keputusan. Sistem informasi diterapkan dalam perusahaan bertujuan untuk menyajikan informasi guna mendukung pengambilan keputusan, menyajikan informasi guna mendukung operasi harian, dan menyajikan informasi yang berkenaan dengan kepengurusan (stewarship).
Pada hakikatnya, akuntansi merupakan penerapan teori umum informasi terhadap masalah operasi yang ekonomik dan efisien. Akuntasi juga membentuk sebagian besar informasi umum yang dinyatakan secara kuantitatif. Dalam konsep sistem informasi akuntansi ini, akuntansi menjadi bagian dari sistem informasi umum dari suatu kesatuan yang beroperasi sekaligus menjadi bagian dari suatu bidang yang dibatasi oleh informasi.
Sistem informasi senantiasa mengalami perubahan besar dalam kehidupan suatu perusahaan. Perubahan-perubahan ini dimungkinkan karena sistem informasi beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi dalam perusahaan itu sendiri atau dengan lingkungannya. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, bertambah pulalah jumlah pemakai informasi karena semakin banyaknya pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha dan serta pengambilan keputusan.

Kemampuan perusahaan dalam mengumpulkan, mengelola dan menggunakan informasi akan menentukan apakah suatu perusahaan mampu memenangkan persaingan atau tidak. Salah satu syaratnya adalah tersedianya sistem akuntansi yang akurat di perusahaan tersebut. Dengan tersedianya sistem akuntansi yang akurat, mudah dioperasikan, mempersingkat waktu serta efektif pada saat ini merupakan salah satu solusi agar organisasi atau perusahaan dipilih oleh masyarakat dan diharapkan perusahaan dapat mengambil suatu keputusan yang tepat, sehingga dapat terus berkembang pada masa yang akan datang. Pendekatan sistem memberikan banyak manfaat dalam memahami lingkungan kita. Pendekatan sistem berusaha menjelaskan sesuatu dari sudut pandang sistem, yang berusaha menemukan struktur unsur yang membentuk sistem tersebut dan mengidentifikasi proses bekerjanya setiap unsur yang membentuk sistem tersebut. Setiap sistem dibuat untuk menangani sesuatu yang berulang kali atau yang secara rutin terjadi.
Untuk mempertahankan eksistensi dan untuk mencapai tujuan, manajemen membutuhkan informasi yang akurat dan cukup untuk memudahkan pengelolaan perusahaan, karena itu pemahaman atas sistem yang berlaku dalam perusahaan sangat penting. Dengan memahami struktur dan proses sistem, seseorang dapat menjelaskan tujuan suatu sistem serta unsur-unsur pendukung sistem yang sangat dibutuhkan dalam pengelolaan suatu organisasi atau perusahaan.
Sejalan dengan perkembangan perusahaan, maka akan timbul masalah yang disebabkan karena meluasnya ruang lingkup dan kegiatan operasi perusahaan. Oleh karena itu diperlukan sistem akuntansi untuk menunjang pencapaian tujuan perusahaan. Oleh sebab itu diperlukan adanya prosedur yang tepat dalam mengelola sistem informasi akuntansi agar dapat sesuai dengan arah dan tujuan perusahaan. Penerapan sistem informasi akuntasi yang baik perlu didukung usaha yang mengharuskan setiap perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang ada antara lain peraturan-peraturan pemerintah yang baru, perubahan dalam prinsip akuntansi, kebijakan manajemen dan lain sebagainya.
PT. Moshi-Moshi Trans Tour and Travel Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang travel dan ekspedisi pengiriman barang yang dalam melaksanakan pengendalian intern didukung oleh penerapan prosedur penerimaan dan pengeluaran barang yang memadai. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan yang dapat mengganggu kelancaran dan membuka peluang terjadinya penyelewengan, yaitu masih sering terjadi penerimaan yang dilakukan secara lisan serta kurangnya penggunaan formulir dan pendistribusian formulir tersebut pada bagian-bagian yang terkait. Hal ini apabila dibiarkan dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan baik secara finansial maupun non finansial, karena bagian yang memerlukan harus memberikan informasi ulang mengenai penerimaan dan pengeluaran barang.
Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Pentingnya Sistem Informasi Akuntansi dalam Mengendalikan Distribusi Barang pada PT. Moshi-Moshi Trans Tour and Travel Surabaya.”
B. Rumusan Masalah
Dari judul dan latar belakang masalah yang penulis uraikan di atas, maka rumusan masalah yang diajukan adalah sebagai berikut :
“Bagaimana penerapan Sistem Informasi Akuntansi dalam mengendalikan distribusi barang pada PT. Moshi-Moshi Trans Tour and Travel Surabaya?”

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang masalah dan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimananakah penerapan Sistem Informasi Akuntansi dalam mengendalikan distribusi barang pada PT. Moshi-Moshi Trans Tour and Travel Surabaya.
2. Manfaat penelitian
Dalam menyusun penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat serta dorongan atau motivasi bagi :
a. Bagi Kepentingan Ilmiah
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi/pertimbangan bagi penelitian yang akan datang guna mengetahui penerapan Sistem Informasi Akuntansi dalam mengendalikan distribusi barang di suatu perusahaan.
b. Bagi Kepentingan Terapan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi perusahaan dalam mengambil langkah-langkah kebijakan di bidang Sistem Informasi Akuntansi.

D. Ruang Lingkup
Mengingat keterbatasan kemampuan yang dimiliki penulis, serta untuk menghindari pembahasan yang terlalu luas dan tidak terarah pada tujuan semula, juga untuk menghindari timbulnya penafsiran yang berbeda dari pembahasan yang lainnya, maka penulis membatasi penelitian hanya pada masalah yang berkaitan dengan pentingnya sistem informasi akuntansi dalam mengendalikan distribusi barang pada PT. Moshi-Moshi Trans Tour and Travel Surabaya.





III. METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian dan Gambaran Obyek Penelitian
1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan melakukan survey lapangan baik dilaksanakan dengan pengamatan secara langsung maupun tidak langsung dangan pihak-pihak yang bersangkutan.
2. Obyek Penelitian
Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah sistem informasi akuntansi pada PT. Moshi-Moshi Trans Tour and Travel Surabaya yang bergerak dalam bidang travel dan cargo.

B. Teknik Pengambilan Sampel
Dalam penyusunan skripsi ini peneliti tidak menggunakan sampel karena penelitian bersifat survey yang dijabarkan dalam bentuk analisis deskriptif secara kualitatif, dan data yang akan diolah berupa data yang diambil langsung dari PT.Moshi-Moshi Trans Tour and Travel Surabaya.





C. Definisi Operasional Variabel
Definisi operasional variabel adalah pembatasan yang digunakan untuk mengatur hubungan antar variabel akan dilaksanakan setelah masing-masing variabel ditetapkan secara kualitatif. Dalam definisi operasional ini, variabel-variabel yang akan diamati dan teliti dalam penyusunan skripsi ini adalah :
1. Sistem Informasi Akuntansi
Yaitu suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa, dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan kepada pihak di luar perusahaan dan pihak intern.
2. Prosedur Penerimaan Barang
Yaitu bagian dari prosedur distribusi barang yang mengatur alur proses, bagian-bagian organisasi yang terlibat, serta aturan-aturan yang digunakan untuk terlaksananya penerimaan barang yang efektif.
3. Prosedur Pengeluaran Barang
Yaitu bagian dari prosedur distribusi barang yang mengatur alur proses, bagian-bagian organisasi yang terlibat, serta aturan-aturan yang digunakan untuk terlaksananya pengeluaran barang yang efektif.
4. Sistem Pengendalian Intern
Merupakan struktur organisasi dan semua cara serta alat-alat yang dikoordinasikan dan digunakan dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, memajukan efisiensi di dalam operasi dan membantu menjaga dipatuhinya kebijaksanaan perusahaan yang telah ditetapkan.

D. Teknik Pengumpulan Data
Dalam rangka mendapatkan data dan informasi untuk penyusunan penelitian, penulis menggunakan prosedur pengumpulan data sebagai berikut:
1. Library Research / Studi Kepustakaan
Yaitu teknik pengumpulan data dari buku literatur yang berhubungan dengan penelitian yang akan disampaikan oleh penulis.
2. Field Research / Studi Lapangan
Yaitu teknik pengumpulan data dengan cara mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah:
a. Interview
Adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengadakan wawancara secara langsung dengan mereka yang berkompeten di perusahaan tersebut, sehingga data yang diperoleh benar-benar obyektif.
b. Dokumentasi
Adalah teknik memperoleh data dengan cara memanfaatkan dokumen yang ada diperusahaan yang berkaitan dengan penelitian.




E. Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif, yaitu dengan cara memberikan uraian interpretasi yang berupa penjelasan dengan kalimat tentang kaitan hasil penelitian dengan teori-teori yang ada. Analisis data adalah kegiatan mengolah data yang telah dikumpulkan baik data tersebut diperoleh dari studi lapangan ataupun dari studi pustaka yang menjadi seperangkat hasil dari penemuan-penemuan yang baru. Adapun langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Mempelajari data yang ada untuk dapat memahami situasi dan kondisi dari objek penelitian.
2. Mengaitkan data dengan tinjauan kepustakaan untuk dapat mengetahui apakah teori-teori yang ada telah sesuai dengan kenyataan berdasarkan kategorinya.
3. Mengolah data yang ada sebagai bahan untuk menganalisa permasalahan, yaitu mengkaitkan dengan 3 komponen utama SIA, yaitu:
a. Input, yaitu data dan dokumen diperlukan dalam setiap transaksi yang terjadi.
b. Proses, yaitu mengklasifikasikan dan mengolah data menjadi informai yang diperlukan untuk tujuan perusahaan.
c. Output, yaitu berupa dokumen atau kebijakan yang relevan untuk pihak intern (terutama manajemen) dan pihak di luar perusahaan
4. Membahas dan menganalisa data serta menyimpulkan hasil pembahasan.
5. Memberikan usulan kepada perusahaan untuk mengatasi masalah apabila ditemukan masalah dalam pembahasan.
DAFTAR PUSTAKA

2 komentar:

  1. boleh tau itu refrensi dari buku mana ya?
    makasih ya.

    BalasHapus
  2. boleh juga sarannya bang

    BalasHapus